Pages

Rabu, 23 Februari 2011

Variable Cylinder Management (VCM)


Setelah teknologi VTEC (VVTi, VTI, MIVEC :teknologi serupa pada kendaraan jenis lainnya) sekitar tahun 2006-07 honda telah mengeluarkan teknologi terbarunya yaitu VCM (variable cylinder management) teknologi , yang merupakan salah satu cara baru untuk menghemat BBM, Variable Cylinder Management akan menganalisa pembukaan throttle , kecepatan kendaraan kecepatan putaran mesin dan gigi
prinsip kerja VCM adalah
- Beban Mesin Berat
Pada saat mobil membutuhkan tenaga, seperti dalam keadaan mendaki atau akselerasi, VCM mengatur mesin agar beroperasi penuh dengan 6 silinder yang bekerja secara bersamaan untuk pembakaran bahan bakar yang optimal dan menghasilkan kekuatan yang besar.
- Beban Mesin Sedang
Saat kendaraan melaju dengan kecepatan sedang atau melakukan akselerasi dengan perlahan, VCM menutup dua buah katup sehingga mesin bekerja dengan 4 silinder, untuk menghasilkan keseimbangan optimal antara tenaga dan efisiensi bahan bakar.
- Beban Mesin Rendah
Pada saat kendaraan bergerak dalam kecepatan rendah atau dalam kondisi cruising, maka hanya 3 silinder segaris yang bekerja untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar.
teknologi ini menggunakan selenoid untuk membuka CAM terhadap rockers-nya sehingga gerakan CAM menjadi bebas dan mebuat valve tetap menutup, mobil yang telah menggunakan teknologi ini biasanya memiliki Active Noise Cancellation (ANC) and Active Control Engine Mount (ACM)ditambah system drive by wire dan management computer akan membuat perpindahan tersebut menjadi sangat smooth

0 komentar:

Posting Komentar